Monday, April 13, 2009

Pengenalan Alat dan Bahan Sablon

Setelah hampir 1 tahun gak ngeblog akhirnya bisa ngeblog lagi (senenge aku).sebelum mulai aku mau mengucapkan maturnuwun pada guru sablonku YOYOK yang sekarang ada di jepara jadi tukang kremusi obat(piye kabare bos?gadis2se dasyat2 rak?).Sabar yo sak durunge tutoriale diteruske,banyak dari kita yang suka kaos2 distro.Setelah tak pikir2(koyok bos wae mikir terus) harganya mahal (maklum gajine pas2san) selain itu merknya itu2 aja.Kalo alasan pribadiku sih mau bikin kaos kusus anaku sendiri.Mungkin diantara kita berpikir bagaimana kalo kita buat sendiri aja kaos dengan gambar yang kita inginkan dan pasti lebih keren.Selain irit juga gak bakalan ada yang nyamain.Tapi untuk menunjukan idealisme kita dalam bentuk kaos kita harus punya:
1.Uang,kenapa kita butuh uang?(cah bayi wae reti) untuk beli alat -latsablon(pinter ik )

2.Skill,maksudnya kita harus punya keahlian corel draw atau adobe ilustrator untuk membuat setingan sablon atu biasa disebut film.Tapi kalo kamu gak bisa gak masalah seperti pepatah dimana ada kemauan pasti ada jalan yaitu kamu harus punya uang biar bisa suruh orang untuk buat setingan(wakakakakak),poko e UUD(ujung ujungnya duit).

3.Sabar dan Niat,Karena sablon adalah karya seni (Jare YOYOK sih) dengan media kaos.Karena proses sablon membutuhkan proses yang lumayan lama apalagi waktu membersihkan screen.


(wes rak usah bertele2 langsung wae)Baiklah kita mulai tutoriale.Tutorial dibagi 2 tahap,tahap persiapan dan penyablonan,untuk postingan ini aku jelaskan dulu bahan dan alat2 yang digunakan dalam menyablon yang termasuk tahap persiapan,sebelumnya semua tutorial hanya berhubungan dengan sablon kain lebih tepate kaos,karena sablon manual ada banyak ada plastik,kertas,triplek,dll.Semua tutorial adalah versi ku sendiri jadi kalo ada master2 sablon yang tidak setuju dengan caraku ya sory bos.

ALAT 2 YANG DIGUNAKAN DALAM MENYABLON

a.Screen :kaen yang lubangya kecil2 gunanya untuk mengatur tinta yang akan menempel di kaos setelah di film.ukuran sesuai kebutuhan kalo aku 40x30 cm,ada yang lebih kecil tapi ada juga yang besar.


b.Rakel:gunanya untuk penyapukan tinta kekaos panjang 15 cm ato 20cm.


c.Busa:Gunanya untuk digunakan alas screen ketika penyinaran sinar matahari yang akan dijelaskan di tutorial membuat film,kira2 ukuran 35 x 45 cm tebal 5-7 cm.


d.Kaca bening:digunakan dalam pembuatan film dengan sinar matahari.Ukuran kira 40 x 50 cm.



e.Masker,Kain bekas,Gunting,Penggaris atom,Cutter,Solet,Koran,Hair drayer,Solasi besar,mangkok,gelas kecil,semprotan air,
-Masker : Untuk melindungi Hidung kita dari bau kimia.
-Kain bekas : Untuk membersihkan film dari bekas2 tinta atau emulsi.
-Gunting : Untuk memotong solasi dan film.
-Cutter : Idem diatas.
-Penggaris atom : Untuk mengoleskan emulsi ke screen.Kira kira panjang 8-12 cm,bisa diganti dengan kartu nama atau kartu perdana hp.
-Solet : Untuk mengaduk tinta juga untuk mengoleskan tinta ke screen.
-Koran : Untuk mengerikan film yang akan film yang telah di oles minyak sayur.
-Hair Drayer :Untuk mengeringkan film setelah di oles emulsi juga untuk mengeringkan kaos setelag dioles tinta.
-Solasi Besar : Untuk menutup pinggir screen dan menutup screen yanng tidak di inginkan.
-mangkok : Untuk tempat mengaduk rubber dengan tinta.
-Gelas Kecil : Untuk tempat mengaduk emulsi.
-Semprotan Air: Untuk mebersihakan emulsi yang tidak di inginkan di screen setelah penyinaran dengan matahari.






f.Kertas Film : Kertas yang telah bergambar yang digunakan membuat film di screen biasa disebut settingan,dibuat denga coreldraw atau adobe illustrator atau yang lain.


g.Engsel dan Meja kaca : Ini digunakan menjepit screen untuk memudahkan kita menyablon,selain itu bisa digunakan untuk meja kaca untuk membuat film di malam hari.Tapi kedua lat ini tidak harus punya berhubung harganya yang lumayan mahal.

BAHAN BAHAN YANG DI GUNAKAN DALAM MENYABLON

a.Emulsi : Bahan yang digunakan untuk menutup screen,terdiri dari dua bahan yang dicampur lalu di oles ke screen.


b.Rubber : seperti namanya bahan ini karet yang akan dicampur dengan tinta yang akan di sapukan ke kaos.Rubber ada 2 ada rubber putih dan rubber warna,dan jangan sekali kali mencampur rubber putih dengan tinta warna,karena hasil warnanya akan tidak sesuai dengan yang di inginkan.Biasanya rubber warna sedikit lebih kuning (seperti gambar di bawah di mangkok oval).


c.Minyak sayur : bahan untuk megoles kertas film agar bagian kertas yang tidak bergambar bisa tembus ketika terkena sinar matahari.


d.Tinta : bahan yang akan dicampur dengan rubber biasanya warnanya terbatas warna warna dasar dan kalo kamu ingi warna aneh2 harus meracik sendiri.


e.Penguat Screen : digunakan untuk menambah kekuatan emulsi di screen setelah film sudah benar2 jadi agar tidak mudah rontok.


f.Top coat : Untuk menambah kekuatan hasil sablonan di kain agar tidak mudah pecah2 dan rontok dan membuat hasil sablon lebih mengkilap.


g.Binder : Memperkuat campuran tinta dan rubber.


h.Bayclin : Untuk Membersihkan emulsi dari screen setelah selesai menyablon dan ingin menyablon model lain,atau bisa dengan kaporit,atau membeli pembersih emulsi.


i.M3 :ini cairan sejenisteener yang digunakan untuk mebersihkan tinta yang menempel pada screen yang susah dibersihkan dengan air.



Huaaaaah wah reti2 jam 24.00) Itulah alat 2 dasar dan bahan 2 dasar menyablon.Sebenarnya masih banyak alat dan bahan yang digunakan misal untuk membuat glitter,agar tibul,agar sablon terang di kegelapan.Tapi aku sudah ngantuk besok2 lagi ya.Makasih buat Efek rumah kaca,udah mau nemenin sampai malam.Dibawah akan aku kasih contoh hasil karyaku (narsise cah kui).Kalo ada yang kurang jelas silahkan komen akan aku jawab semampuku.












22 comments:

-MeLiZa- said...

kaosku kapan dadi,,selak meh tak pake di training,,ben piye ngono lho,,,meneng 2 jebule,,ngeblog iq,,,awas mengko sebelahmu nesu,,wakakakka

what a wonderful word said...

cara nyablonnya gmn ?
tahapan prosesnya yyaa,
pemula nih jadi yaa d mohon agar penjelasannya bisa detil,
tengkyuu,

The Bigs said...

pemula banget nih.... step by step prosesnya dong... thengkyu banget info2nya... ditunggu post berikutnya.....

iwan. . said...

apa masih ada alat dasr yang digunakan selain itu. . ??
biasa nya menggunakan tinta ap. ??

blas at my email
iwan_kurniawan68@yahoo.com
thanks. .

AndyluziA said...

mas,nek mesin sablon digital ngerti po ra carane?nek ngerti njaluk tulung aq...matur suwun mas.

salud235 said...

tq bozzz

arkim said...

SIP! Keren Bang!

Joko Wiyono said...

Sip bos, thanks infonya....
jangan lupa mampir kemari juga,..hehe

du2ng said...

kudu kursus nih

Eric said...

piye bos,,,, ra ngerti ki pemula soale.... hehehehehe sek lengkp dunk bos tutoriale....

Eric said...

ra ngerti rekkk.... yok opo iku tutoriale.... seng lengkap ta bro hehehehehe maklum pemula ki ra ngerti opo*

ikha_pratiwi said...

trim atas nfonya....^,^

ikha_pratiwi said...
This comment has been removed by the author.
ikha_pratiwi said...
This comment has been removed by the author.
CARI UANG DI INTERNET said...

siip tapi iseh bingung bos

CARI UANG DI INTERNET said...

ok boz siip

endra said...

gan...total budget untuk pengadaan alat dan bahannya berapa?

NANANG IRFANSYAH said...

gan... itu obat-obat sablon sama tinta nya dikasih nama sekalian biar ntar nyarinya di toko gampang.. trus spesifikasi screen, obat filmnya dikasih speknya sekalian

Ogi Aprison Sianturi said...

brod klo butuh alat sablon frame kunjungi link baru ane ye http://borneoartprinting.com/index.php?option=com_content&view=article&id=60&Itemid=58

Vicky Arkenemy said...

ga se simple yg ane bayangin ternyata :S

Minung Apriliaw said...

gampang" susah ya.. :)

alifya salsadila said...

makasih ilmunya kunjungi juga blogku alifyasalsadila.blogspot.com, mungkin tidak sebagus punya anda